• Recent Posts

  • RSS Detik.com

    • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
  • Categories

  • Visitors

    • 5,438 hits

About us

ALSA LC Universitas Padjadjaran berdiri pada waktu yang sama dengan ALSA NC Indonesia yaitu pada tahun 1989. Ketika itu beberapa mahasiswa FH Unpad yang tergabung dalam senat mahasiswa FH Unpad ditawari untuk mengikuti pertemuan dengan mahasiswa hukum tingkat ASEAN untuk membentuk suatu wadah mahasiswa hukum tingkat ASEAN dengan bendera ALSA (Asean Law Students’ Association).

Sekembalinya beberapa mahasiswa FH Unpad tersebut, mereka kemudian membentuk ALSA di universitas masing-masing. Dari sinilah ALSA LC Unpad terbentuk.

ALSA LC Unpad walaupun merupakan bagian dari organisasi ALSA secara keseluruhan tetapi memiliki sifat sendiri sebagai organisasi, yaitu:

  1. Tujuan, Modal Dasar, Faktor Dominan termaktub dalam Anggaran Rumah Tangga ALSA LC Unpad.
  2. Struktur Pengurus, Badan Kelengkapan, dan Dana juga terdapat dalam Anggaran Rumah Tangga ALSA LC Unpad. Misalnya: Director, Internal Affairs, External Affairs, Human Recources Development.
  3. Tempat dan Kedudukan ALSA LC Unpad juga ada dalam lingkungan FH Unpad walaupun secara fisik ALSA LC Unpad belum memiliki ruangan atau tempat tersendiri (menjadi satu dalam ruangan BEM FH Unpad).
  4. Rules, ALSA LC Unpad juga memiliki seperangkat peraturan yang mengikat, yaitu Anggaran Rumah Tangga ALSA LC Unpad yang dirubah setiap satu tahun sekali dalam Musyawarah Lokal ALSA LC Unpad. ART ini merupakan dasar bagi pengurus ALSA LC Unpad dalam menjalankan kepengurusannya.
  5. Anggota, dalam hal ini adalah Mahasiswa Fakultas Hukum Unpad yang mendaftar menjadi anggota ALSA.
  6. Kegiatan, terdiri dari English Debate Club, Discussion Group, Recruitment Day, ALSA Camp, Munas, Pramunas, MootCourt dan masih banyak lagi.

Perjalanan ALSA LC Unpad tidak selalu tanpa hambatan. Hambatan yang utama adalah masalah sumber daya manusia. Dari awal berdirinya bahkan anggota ALSA LC Unpad sempat hanya beranggotakan sekitar 7 orang. Kerja keras dan juga kemauan yang tinggi dari pendahulu-pendahulu kami ini sekarang telah membuahkan hasil yang sedang kami tuai bersama saat ini.

Dalam 3 tahun terakhir, jumlah anggota ALSA LC Unpad semakin meningkat. Hal ini terbukti dari banyaknya mahasiswa baru yang mendaftar menjadi anggota ALSA setiap tahunnya. Dengan begitu diharapkan ALSA Unpad dapat terus menjadi wadah bagi pengembangan kualitas dari anggotanya sebagai modal dasar dan menjadikan anggota ALSA LC Unpad yang terbaik bagi bangsa, Negara, almamater dan terutama bagi dirinya sendiri.

Leave a comment